Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Hangus, Bisa Kembali Aktif

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Hangus

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Hangus – Di jaman serba internet seperti sekarang dan ponsel pintar yang sudah semakin menjamur, peran kartu layanan seluler tetaplah sangat penting. Tanpa adanya kartu SIM seluler, maka tentu saja pengguna smartphone tidak akan bisa mendapatkan akses telekomunikasi.

Salah satu operator seluler paling tenar di tanah air, Telkomsel mempunyai banyak pengguna. Dengan jangkauan jaringan terluas maka sangat wajar apabila lebih dari 50 persen pengguna ponsel tanah air menjadi pelanggan setia Telkomsel.

Pada dasarnya, semua kartu seluler termasuk kartu SIM Telkomsel mempunyai masa aktif tertentu. Masa aktif kartu akan bertambah saat pengguna mengisi ulang pulsa baik melalui ATM, m-banking hingga membeli pulsa menggunakan mata uang virtual seperti OVO dan Gopay.

Jika tidak mengisi pulsa hingga batas expired date maka kartu akan mati alias tidak aktif lagi. Sebagai pengguna, pernahkan kamu lupa isi pulsa dan mendapati kartu Telkomsel kamu di-nonaktifkan. Jangan bersedih karena ada cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah hangus agar kembali hidup.

Yuk, silakan simak penjelasan selengkapnya dibawah ini!.

Tanda Tanda Kartu Telkomsel Sudah Tidak Aktif/Hangus

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Hangus

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah hangus, sebaiknya kamu harus tahu seperti apa sih ciri ciri kartu SIM Telkomsel yang sudah mati/hangus?.

Setiap operator seluler umum-nya sudah menetapkan waktu perpanjangan masa aktif kartu setiap pengguna membeli sejumlah pulsa atau paket Internet Telkomsel. Penambahan masa aktif tergantung dari seberapa banyak nominal pulsa yang dibeli.

Biasanya perpanjangan masa aktif dimulai dari kurun waktu 1 minggu, 2 minggu, 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, bahkan hingga 1 tahun. Kamu akan mendapat tambahan masa aktif lebih lama jika membeli pulsa nominal besar misalnya pulsa 1 juta, sebaliknya kamu hanya akan mendapatkan perpanjangan masa aktif hanya 1 minggu jika mengisi pulsa 10 ribu.

Jika kamu tidak mengisi pulsa, maka kartu SIM akan memasuki masa tenggang selama 1 bulan sebelum akhirnya benar benar mati atau tidak aktif. Nah, untuk lebih jelasnya silakan disimak ciri ciri kartu Telkomsel sudah mati berikut ini.

    • Tidak bisa menerima dan mengirim SMS
    • Tidak bisa menerima dan melakukan panggilan telepon
    • Sinyal akan hilang yang ditandai oleh tanda silang
    • Kartu SIM tidak dapat dideteksi oleh smartphone, tidak akan muncul tulisan merk Operator sama sekali di layar ponsel.

[Wajib Tahu] Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Hangus

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Hangus

Banyak pengguna Telkomsel tidak tahu bahwa kartu Simpati, AS dan Hallo yang sudah hangus/ tidak aktif sebenarnya bisa kembali dihidupkan kembali. Hanya saja, cara untuk mengaktifkan kartu SIM tersebut tergantung pada penyebab kartu-nya hangus.

Kamu tentu merasa sangat kehilangan apabila kartu SIM yang sudah lama dipakai harus hangus karena lupa di isi pulsa. Lebih gawat lagi jika kamu sering menghubungi keluarga, teman hingga rekan bisnis dengan nomor yang sudah mati tersebut.

Lantas, bagaimana sih Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati. Oke langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.

Sebelum  15 Hari Pasca Masa Tenggang

Menurut riset yang sudah pernah dilakukan, kartu Telkomsel kamu masih bisa dihidupkan kembali setelah melewati masa tenggang tetapi masih dibawah 15 hari. Namun jika setelah melewati masa 15 hari setelah masa tenggang habis, maka akan semakin kecil kemungkinan kartumu akan bisa diaktifkan kembali.

Tapi kamu tetap bisa kok mengurus kembali kartu Telkomsel yang sudah melewati 15 hari dengan menyebut alasan urgent kepada CS operator. Jika kartu sudah mencapai masa 1 bulan pasca masa tenggang habis, maka kartumu sudah benar benar tidak dapat diaktifkan lagi karena sudah terhapus by sistem. Mau gak mau, kamu harus memberi kartu SIM baru.

Menghubungi Call Center Telkomsel

Seperti penjelasan sebelumnya, kartu Telkomsel selama belum melewati sebulan pasca masa tenggang habis maka bisa dihidupkan kembali. Kamu bisa menghubungi Call Center Telkomsel dengan nomor 0807 1 811 811 atau bisa juga menekan 188.

Nantinya, setelah tersambung dengan Call Center, kamu bisa menceritakan permasalahan yang menyebabkan kartu Telkomsel-mu hangus. Sedapat mungkin memberikan penjelasan yang bersifat urgent agar Call Center langsung mengaktifkan kembali kartu Telkomsel yang sudah hangus.

Kasus yang sering terjadi biasanya Call Center akan menyuruh kamu untuk mendatangi kantor GraPARI Telkomsel untuk mengaktifkan kembali kartu yang sudah mati. Namun setidaknya dengan menghubungi Call Center, kamu sudah memberitahu pihak Operator bahwa kartumua masih akan digunakan.

Mendatangi Kantor GraPARI Telkomsel

Sama halnya seperti kamu yang menganti kartu 3G menjadi 4G, untuk mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah hangus, sebaiknya langsung mendatangi GraPARI terdekat di kotamu.

Biasanya datang ke GraPARI menjadi langkah terakhir yang bisa kamu lakukan jika kartu SIM Telkomsel-mu sudah mati. Caranya cukup mudah yaitu kamu hanya perlu membawa KTP dan kartu Keluarga.

Nantinya, petugas GraPARI akan mencocokkan data indentitas SIM yang sudah disimpan Pemerintah dengan karu Indentitas asli yang kamu bawa. Setelah data keduanya cocok, maka petugas akan mengaktifkan kembali kartu Telkomsel-mu dengan membayar Rp 25.000,00.

Apakah Ada Cara Alternatif Lain?

Tim kami sempat menemukan cara alternatif untuk mengaktifkan kembali kartu Telkomsel yang sudah mati, yaitu dengan menggunakan modem. Namun, setelah beberapa kali dicoba, ternyata kartu tidak kunjung aktif.

Dengan demikian, kesimpulan yang bisa diambil adalah tidak ada cara lain untuk mengaktifkan kembali kartumu selain menghubungi pihak Operator Telkomsel. Untuk itulah, sangat disarankan agar selalu rutin beli pulsa agar masa aktif terus diperpanjang.

Akhir Kata

Demikianlah artikel mengenai cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah hangus agar kembali hidup. Semoga penjelasan diatas bermanfaat dan menambah pemahaman pembaca tentang penting-nya selalu mengecek waktu expired sebuah kartu SIM seluler. Terima kasih sudah membaca, silakan lihat artikel menarik lainnya.

Leave a Reply